Gue dan 25 lagu2 Triphop/Downtempo/UrbanJazz favorit gue

Entah kenapa gue pengen bikin list lagu2 trip hop/downtempo fav gue..

Buat yang pengen tau Trip Hop itu apa, trip hop itu sebuah  genre music yang maduin Soul, Funk, Jazz, pure hip hop, and a little bit of House. Emang sih buat ngasih pager batasan susah banget nentuin yang mana sih downtempo, triphop, chillout, ambient, experimental, urban jazz, etc etc etc, tapi buat lebih kasarnya gini. Kalo uda nyentuh big band swing, berarti uda kejauhan(for example, quasimode). Kalo uda nyentuh housemix/trance(Van Burren, Oakenfold), berarti uda kejauhan, Moby or fatboy slim masih masuk(walo yang terakhir gak semuanya yee). Kalo uda nyentuh Eurythmics, enigma, berarti udah makin melebar. Ngerti kan?

Like majority of assholes yang suka ama genre kaya ginian, Soundtracknya Samurai Champloo jadi titik awal gue mulai suka ama musik ginian. Mainly sih gara2 Nujabes ama Fat Jon, tapi lama2 berkembang ke semua artis dibawah Hyde Production juga sih.

Tipe2 lagu triphop kaya gini, enaknya didengerin buat jalan2 di tengah perkotaan, road trip, working(its true), or even thinkin sambil makan mie goreng. Triphop itu tipe2 music yang gampang bener masuk, tapi susah banget di dalemin karena sekilas didengerin, enak ya melodi2nya. Tapi lama2 lu dengerin, ini kok makin banyak sih macem2nya di dalamnya. Ada piano melodius yang streaming like a waterfall ama bass lah, ada vocal2 sejuk cewe2 pervert yang nembus angin bahkan sometimes heavy hiphop style rapping lah, bahkan ada mellow2 version yang bikin lagu2 model begini terkadang susah bener dibedain antara satu sama lain, or satu subgenre ama laennya.

But if you get the feel, you will get the feelin’. Kalo lu da ngerti apa yang gw maksud pasti langsung ngeh deh begitu denger lagu2 kaya gini.

Jadi tanpa bacot lagi, ini lagu2 Triphop/Downtempo/urbanjazz favorit gue. Di luar 25 lagu ini sebenernya buanyak banget yang gw gak sebut, tapi dibawah ini tuh yang uda sehari2 ngisi playlist gue. Gak ada urutannya ya, karena menurut gue semua sama bagusnya. Oh anyway, itu gue bikinin playlist di youtube buat yang pengen coba…

Susumu Yokota – Could heaven ever be like this
Nujabes + Fat Jon – 624 part1
FORCE OF NATURE Nujabes fat jon – the stroll
FORCE OF NATURE Nujabes fat jon – sanctuary ship
Jemapur – Beneath The Water Surface
Nujabes – Still Talking To You
Uyama Hiroto – Waltz for life will born
Uyama Hiroto – 81st Summer
Emancipator – with rainy eyes
Chari Chari – Aurora
Kenichiro Nishihara – Heart feat. Substantial
World Supreme Funky Fellows 2102 – #1 Dub
Uyama Hiroto – Vision Eyes feat. Golden Boy
Oddisee – Clara Barton
Nujabes – A Day by Atmosphere Supreme
Tsutchie and fat jon – FLY[SMALL CIRCLE OF FRIENDS]
Quantic – Mishaps Happening
Jazztronik – The Piano
Brooklyn Funk Essentials – Take the L train
Lux (Mixed by Jose Padilla ) – Northern Lights
Moby – Why does my Heart feel so Bad
Moby – In this World
Dj Okawari – Bluebird Story
Thallus – Here is the life
Madlib – Slim’s Return

Leave a comment