Gue dan 6 Film Horror Indonesia “Terbaik” 10 Tahun Terakhir

Seperti yang udah kita ketahuin bersama dan gw tulis di bawah, negara kita, dari Sabang sampai Merauke, penuh dengan cerita-cerita mistis yang menyeramkan. Maka tidak heran lagi kalo Industri perfilman kita dipenuhin sama film-film horror. Siapa yang bisa ngelupain karisma-nya mendiang Suzanna, apalagi lagi-lagi tadi udah gw tulis di bawah. Sorry kalau gue memakai film luar negeri sebagai perbandingan, karena gw ngerasa Industri perfilman kita udah gak kalah ama Industri film negara-negara macam India, Australia, atau bahkan Jepang dan Amerika. Sebagai contohnya, Stallone pernah CUMA cameo di film India, di negara kita Miyabi pernah menjadi TOPIK dan salah satu aktris utama di salah satu film kita.

Selama 10 tahun terakhir, di era kebangkitan kembali Industri perfilman kita, mungkin udah lebih dari 50 film horror Indonesia yang beredar. Dan percaya tidak percaya, ini adalah 7 yang “terbaik” di antaranya. Enjoy!

================================================================

6. Malam Jumat Kliwon(2007) 

Judul yang bagus. Judul yang mistis. Judul yang powerful. Katanya sih free style remake dari film horror tahun 1986 yang legendaris. Malam Jumat Kliwon, dimana Suzanna memerankan the greatest character in Indonesia movie history, Sundel Bolong. Versi tahun 2007nya ini disutradarai oleh M. Night Shyamalan-nya Indonesia, Sir KOYA PAGAYO. Yang paling keren dari film Malam Jumat Kliwon ini ialah teknik cinematografinya yang luar biasa original. Silent Hill meniru film ini. Borat meniru film ini. The King Speech’s meniru film ini. Apalagi di akhir film ada cameo dari Sujiwo Tejo yang bener-bener membuat film ini terasa benar-benar mistik sekaligus masuk akal dari segi SAINS dan supir tengah malam.

=========================================================

6. Hantu Jeruk Purut(2006)

Pernah nonton Sleepy Hollow? Kolaborasi Johnny Deep dan suaminya Tim Burton untuk yang ke 70 kalinya? Tau sendiri kan seperti apa gaya visualisasinya Tim Burton yang unik dan sedikit extravaganza? Nah, Hantu Jeruk Purut visualisasi sama bagusnya dengan Sleepy Hollow. Malah bisa dibilang lebih kreatif. Mesin uap/kabut yang dipake jauh lebih keren dan berwarna. Liat aja posternya. Biru biru langit gitu. Sutradaranya? Lagi-lagi Koya Pagayo. Orang ini bener-bener jenius sejati. M. Night Shyamalan dan Tim Burton dalam satu paket! Belom lagi salah satu pemainnya yaitu Samuel.Z Heckenbucker, itu cucu jauhnya Franz Beckenbauer, legenda sepakbola Jerman. Jadi dari segi akting , reputasinya pasti udah bisa dibanggakan. Lihat aja betapa kerennya akting-akting para blasteran yang berseliweran di sinetron kita.

================================================================

4. Terowongan Cassablanca(2007)

 Ceritanya sebenernya simpel, sederhana dan menyentuh. Tentang seorang wanita cantik yang hamil, entah mengapa disuruh aborsi ama cowonya di dalem terowongan Casablanca. Si cewe gak mau, akhirnya dibunuh ama cowonya. Mau gak mau tuh cewe akhirnya arwahnya gentayangan buat ngurusin kemacetan yang makin gila di daerah sono sejak adanya pembangunan flyover yang ngelewatin over passnya Dokter Satrio. Kemacetan yang sebelum ada pembangunan flyover aja udah gila banget disana. Tapi ada bagusnya juga, katanya kawasan jalanan sepanjang Mall Ambasaddor mau dijadiin semacam orchard roadnya Jakarta. Ide yang menarik.

================================================

3. Psikopat(2007) 

America punya Michael Myers dan Jason. Jepang punya Doraemon dan Kakashi. India punya Sha Rukh Khan, Indonesia punya PSIKOPAT. Film slasher pertama Indonesia ini benar-benar BLOODY AWESOME. Darah dan darah ada dimana-dimana. Dan yang paling keren dari PSIKOPAT, film ini jauh mengungguli film-film slasher amerika dari segi kualitas. Kalau bisa disetandingkan, mungkin PSIKOPAT satu kelas dengan film-film samurainya Akira Kurosawa macam seven samurai atau yojimbo dikarenakan betapa dalam makna filosopi yang terkandung di dalam film psikopat ini. Percaya atau tidak, begitu selesai menonton film ini, penonton pasti bakalan bengong dan memikirkan apakah mereka waras ataukah mereka juga seorang psikopat dengan menonton film yang sama indahnya dengan The Sound of Music ini??

 ==================================================

2. Dunia Lain : The Movie(2006)

Dari posternya yang macho, udah keliatan kalo genre film ini merupakan gabungan dari Science Fiction, Thriller, Action, Horror, dan Porno. Dan memang posternya gak bohong. ceritanya tentang sebuah konspirasi yang melibatkan kematian para orang-orang sakti yang mau gak mau bikin seorang produser acara tv mengadakan acara Uji Nyali. Dan dari sana, semuanya dimulai. Sebagai spin off dari acara Televisi paling realistik di Indonesia dan Lethal Weapon, jujur aja, Dunia Lain The Movie bener-bener amazing. Duo sutradaranya bener-bener memproduksi film ini dengan sepenuh hati mereka dan hati-hati. Mereka yakin kalau mereka menorehkan sejarah emas dengan merilis film ini. Dan percaya gak percaya mereka benar seratus persen. Dunia lain the movie begitu artistik, percaya diri, dan berseni.

============================================================

1. Genderuwo

 Peter Jackson, William Friedkin, Sam Raimi, Dario Argento, George R Romero, Backstreet Boys, semuanya bakalan malu kalau mereka menonton Genderuwo. Kenapa? Karena gw yakin mereka semua bakalan berfikir “Kenapa gak pernah kepikirkan ama gw tentang efek spesial kaya di film ini”, saking brilliannya special effect di film Genderuwo. Saking kerennya, gw aja bingung ngejelasinnya. Kalian mesti nonton sendiri untuk ngerasain effectnya. Tapi efek doang, gak bakal ngaruh dong. Ini film. Akting dan cerita itu nomor satu! Gw gak akan spoilerin ceritanya disini, tapi sedikit catatan. bayangkan kalau plot Jurassic Park, Blade Runner dan Jeepers Creepers digabungin jadi satu. dan akting Davina Veronica itu sama gilanya dengan Noomi Rapace, atau Rooney Mara di The Girl with the Dragon tatoo baik swedia or english version! Yap, film ini sebegitu mantapnya. Hantu terseram di dunia? Poster film ini benar-benar tidak bohong. Padahal yang namanya iklan itu jarang yang bener di negara kita.

PS: Yep, gw nonton all those shit diatas. Call me Crazy…

Advertisements

4 thoughts on “Gue dan 6 Film Horror Indonesia “Terbaik” 10 Tahun Terakhir

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s