Gue dan 10 Manga Favorit gw

Honorable Mention : Gantz, Vagabond, I’s, MPD Psycho, Uzumaki, Battle Royale, Shoot, Spirit Warrior, Naruto, Ore Wa Teppei

doraemon

10. Doraemon

Bisa dibilang, Doraemon itu komik paling penting nomor DUA di masa kecil gw. 44 Volume, dan belasan seri petualangan selalu jadi bacaan gw disaat gw makan, bengong, boker, de el el, di era 90an. Gw ampe apal mampus semua cerita Doraemon. Sampe sekarang, kalau ditanya apa 5 barang fictional yang paling gw pengen di dunia ini, Pintu Kemana Sajanya Doraemon selalu masuk dalam Top 5. Doraemon ngajarin gw tentang  persahabatan jauh lebih banyak daripada HIDUP ini sendiri ngajarin gw. Its funny when such a simple and funny manga kaya Doraemon bisa jadi salah satu bagian yang ngebentuk personality kritikuspurapura yang begitu asshole and beautiful..

rurouni-kenshin-1784113

9. Rurouni Kenshin

Kyoto Arc. Salah satu alasan kenapa Rurouni Kenshin ada di list ini.  Salah satu Arc terbaik yang pernah ada dalam sejarah Shonen Manga. Secara cerita, sebenernya gak ada yang special banget with RK. Tipical Shonen yang berhappy ending( That freakin OVA 2 gak exist menurut gw) Full of character2 awesome macem Saito(The second greatest Saitou Hajime Depiction in Pop Culture, after Yojiro Takita’s When the last sword is Drawn), Shisio or Seijuro. Lots of great battosai movement and samurai fighting juga.  Wal kadang2 emang kebanyakan bacot dan pidato juga sih sebelom berantem. Tetapi tetep aja, RK salah satu shonen manga paling polished dan berkesan yang pernah gw baca..

2578-38_DEATB-skm09a01

8. Makaritoru Kotaro

Sorry gw pake cover Shin Kotarou. This is one of the best Martial Arts Manga ever created, and the fact kalo popularitasnya gak terlalu terkenal dan tenggelam diantara manga2 martial arts laennya macem Tekken Chinmi is a CRIME AGAINTS HUMANITY. Manga yang jelas2 buat adult only ini, gara2 lumayan vulgar, punya panjang 47 volume ditambah 2 arc tambahan lainnnya.  Its awesome, badass, witty, funny and in the same time, romantic. Trio Kotaro, Mayumi and Tenkoji is full of chemistry yang bener2 bikin nikmat banget baca ni manga..

2

6. Ore Wa Teppei

Di indonesia, manga ini dikenal dengan nama Boy Action I. Anak taon 90an pasti tau betapa nakal dan gebleknya petualangan si Teppei di dunia Kendo. Yang paling gw suka dari manga ini itu kejujurannya dalam ngegambarin plot. Plus element surprisenya yang bertebaran dimana-mana. Gak bakal nyangka deh adegan demi adegan yang muncul di komik ini.

24094-akira_3_c001_super

6. Akira

Ah, the magnum opus of Japanese Manga and Anime. Akira emang patut jadi anime paling legendaris di dunia ini. Tetapi jangan salah, manganya juga gak kalah bagusnya. Dengan cerita post apocalyptic yang gw bilang cukup original dan abit fuck up, Akira mungkin lebih cocok buat dinikmatin lewat media Anime. But still, 6 volume Akira itu penuh dengan ide2 yang lumayan menginspirasi Ghost in The Shell ama Evangelion. It is the Blade Runner of Manga and Anime.

fist-of-the-north-star-1007556

5. Fist of the North Star

The most violent manga in this list also the most grim ones. Gabungan antara Fallout, Mad Max, The Road ama beragam classic chinese kungfu shaw brothers era movie, ini bersetting di post apocalyptic world yang digambarin penuh detail ama debu banget deh. Penuh ama teknik2 kungfu fictional paling mematikan sepanjang masa. Iya lah, totok tangan, badan jadi ancur lebur. Bayangin betapa kuatnya itu si Kenshiro. Oh gw lupa, dari 10 manga di list ini, karakter2 paling keren ada di Fist of the North Star. 3 bersaudara Kenshiro, Raoh ama Kaioh menurut gw is the most badass and  coolest brothers in Pop Culture world of all time.

HoushinEngi

4. Hoshin Engi

This Japanese Adaption of Chinese Classic Fengshen FanYi is CRAZY AS SHIT. Apa jadinya kalo Cerita klasik china yang bersetting di period sebelom Jesus Lahir ini dimasukin unsur2 High Tech, karakter2 sinting khas abad 21 dan Joke2 konyol yang gak ada aturannya. Ya, Hoshin Engi Jawabannya. Plot aslinya yang bercerita tentang usaha menggulingkan satu dinasti jadi cerita sci fi yang berhubungan dengan Alien tanpa kehilangan taktik2 brilian dan kacau khas Chinese Literacy litterally.  Tapi walau penuh dengan unsur2 ngaco dan joke gila, Hoshin Engi masih tetep penuh dengan karakterisasi dan cerita yang gripping gw banget. And that goddamn Taikoubou is still one of the greatest main character in manga history….

16616-dbz11_super

3. Dragon Ball

Manga pertama yang memperkuat kalimat peribahasa diatas langit ada langit. Walo after freeza arc, bisa dibilang kualitas storyline agak menurun, begitu juga dengan fighting scenenya yang lebih jadi ngutamain power level doang(di manga ini power=speed, more power berarti more speed and skill), I still love the heck out of Dragon Ball. Dengan koleksi Villain yang awesome semua, plus keluarga saiyan berambut kuning yang legendaris, manga ini bisa menjadi wakil jepang dalam kompetisi menghasilkan karakter2 terkuat di dunia fiksi. Yep, Galactus vs Songoku!

Volume_6

2. Berserk

Ah Berserk! The Japanese equivalentnya LoTR atopun Game of Thrones, except it is more epic, bloody, long and controversial. In fact, the only minus thing about Berserk is the manga is taking too fucking long. I meant, gile, udah 26 tahun sejak chapter pertamanya dan sekarang menurut mangakanya, ni manga uda 60%. Dengan rate kaya sekarang dimana only 1 chapter out every 6-7 months, gw rasa gw udah mati duluan before the manga ends. I wanna write about Berserk lebih spesifik suatu saat nanti dalam satu posting tersendiri if I have time…

AshitaNoJoeManga

1. Ashita No Joe

Ini satu2nya manga yang bisa menyentuh dan membuat bulu kuduk gw merinding saking realistik dan drama sentrisnya. Tentang manusia dan segala macam keegoisannnya. Joe Yabuki mungkin seseorang yang amat berbakat di dunia tinju, tetapi dia tidak pernah mau menjadi petinju, dia cuma mau hidup dan hidup. Tetapi, perjalanannya membawanya ke jalur yang lain. Manga yang punya salah satu ending terbaik di dunia POP Culture ini bener2 mempengaruhi gw sebagai seorang penulis. Gw gak pernah menulis sesuatu dengan ending yang happy gara2 efek begitu kuatnya ending manga ini.

4 thoughts on “Gue dan 10 Manga Favorit gw

  1. Gan, ada mas2 jual Boy Action II 1-25 250.000 di kaskus, worth it buat dibeli ape cukup baca online gan?

    PS: aduh gan, masa ga ada 20th Century Boys, masukin honorable mention kek hhe #maksa

Leave a comment