Gue dan 30 Lagu Indonesia Favorit gue Sepanjang Masa

Sebelom baca, gw camkan baik2 buat yang bakalan protes.

Ini LIST GUE! Gak setuju ama list gue, bikin sendiri list milik lu sendiri!

Anyway, susah bener bikin list ini. Kayanya ada kali setahun gue memilih-milih. Dari jaman gue undercut ampe sekarang cepak. Dari Jaman Jokowi masih meyakinkan ampe jadi menyebalkan. Dari Jaman jakarta masih macet jadi makin macet. Dari gue awesome jadi asshole. Well, you get the point. Selesai juga sih akhirnya. Di list ini, obviously, banyak banget lagu taon 90’an. Ya karena gue anak 90an sih, mau gimana lagi. Banyak artis2 yang ampir masuk, ato terpaksa gue gak masukin ke list ini, because lagu2 di list ini definitely the best indonesian song, at least for me. Iwan Fals, Reza, Chakra Khan(Yep, that chakra khan), Tompi, Vina Panduwinata, Ruth Sahanaya, dan masih banyak lagi bejibun yang nongkrong di luar top 30.  Ya udah lah ya, kaya ada yang perduli aja ama list yang gue bikin…

30. Andre Hehanussa – Bidadari

29. Trio Lestari – Nurlela

Why? Karena rasanya Indonesia banget, and so goddamn good, even from the first time ni lagu menclak di kuping gue. Denger aja coba, kalo lu gak demen sih elu gak ada jiwa Indonesianya sama sekali.

28. Doel Sumbang (ft. Nini Carlina) – Kalau Bulan Bisa Ngomong

Why? Sekali lagi. Indonesia banget. Ini lagu bener2 treasure and hidden gems banget. Aside dari aransemennya yang norak banget, penuh ama efek2 90an, ohey, oi oi, ugh ugh, typical lagu2 noraknya 90an deh, sebenernya ni lagu bagus banget. Chorusnya luar biasa infectious. Denger sekali bikin lu humming sendirian..

27. Tohpati feat Glenn – Jejak Langkah Yg Kautinggal

26. Daniel Sahuleka – Dont Sleep Away The Night

25. Dewa – Kosong

Albumnya dewa, Pandawa Lima, penuh ama track2 legendarisnya Dewa era Once. Pupus, lagu cinta, that awesome sayap2 patah, sampe cemburu yang beda bener dari lagu2nya dewa. Tapi kosong lebih pantes ada di list ini buat gue. Why? Selain karena emang ini pilihan gue, kosong itu a bit harrowing and bittersweet buat gue.

24. Naif – Air Dan Api

23. Padi – Sobat 

22. Glenn Fredly – Januari

21. Sandy Sandoro – Tak Pernah Padam 

Banyak yang kaget pasti liat ni lagu di list ini(Sama kaya nomor 21). But this song is actually good. Suara Sandy emang bagus sih lagian, walo katanya orangnya sombong. Dia jago juga milih lagu(or jangan2 malah nulis, gue gak tau deh) buat showcase range suaranya lewat Tak Pernah Padam.  Kaya David Tao gitu deh dia. Jago milih lagu. Tampang dibawah rata2 dan skill di atas rata2 juga sih. Lagi2 mirip David Tao.

20. Naif – Mobil Balap 

Buat gue, Naif itu spitznya Indo. Bukan berarti Naif niru ye. Maksudnya Jiwa musik merekanya. Naif itu selalu stay di tracknya, gak pernah kemana2 selama ini. Dan itu bukan berarti mereka stagnan lho. Kaya Spitz, lagu2 mereka selalu jadi lagu2 yang timeless aja.

19. Ronny Sianturi – Sudikah kamu 

Say whatever you want deh tentang Ronny Sianturi and Trio Libels. Sudikah kamu is a good and solid song. Walo kadang2 kalo gue nyanyi suka ketuker2 ama Lirik versi P Projectnya, Sudikah kamu itu catchy bener. MVnya sih ngak banget ya untuk ukuran sekarang. A bit homoerotic and norak, but the song is still quite good buat didengerin. Dibandingin ama Pop-Pop katro sekarang sih masih jauh lebih bagus Kudiskah kamu, eh salah, Sudikah kamu..

18. Ebiet G Ade – Kupu Kupu Kertas 

17. Anggun – Still Reminds Me 

16. Nicky Astria – Mengapa 

15. Ari Lasso – Hampa 

14. The Groove – Satu Mimpiku 

13. Ahmad Albar – Lenggang Puspita 

12. Indra Lesmana and Sophia Latjuba – Keinginan 

Pas gue masih kecil Ye, gue selalu beranggepan Indra ama Sophia itu pasangan paling perfecto lho di Indo. Cewenya cantik, cowonya cool. Why? Gara2 ini lagu. Jeniusnya si Indra kedengeran banget di ni lagu. Dia bisa ngumpetin suara si sophie yang rata2 banget lewat kelembutan musik besotan dia.

11. Yana Julio – Selamanya Cinta 

10. KLA Project – Tentang Kita 

9. Anggun – Bayang-Bayang Ilusi 

8. Utha Limakuwa – Untuk Apa Lagi 

Ah, Utha Limakuwa, pemilik suara cowo paling bagus di Nusantara ini. Gak ada vokalis cowo yang punya suara sedalem dan seelegan Master Utha. Denger aja ni lagu. Slowly but sure. Lagu Utha lainnya yang ada di top 50 tapi gak masuk top 30 itu Akira dan Mungkinkah Terjadi..

7. Slank – Kamu Harus Pulang 

6. KLA Project – Terpuruk Ku Di Sini 

5. Dewa 19 – Aku milikmu 

Kadang2 gue bingung ama si botak. Itu talent kemana ya sekarang? Masuk ke dalem toilet kali atao makin ilang setiap kali dia tidurin si Mulan garbage. Just listen to this song. GOD! Udah gak ada lagu Ballad Indo semantep dan sedalem ini lagi sekarang. Classy and Classic. Ampun deh botak. Sekali2 pensiun nape nyari duit lewat ngedarin PSK2 wannabe gak jelas dan bangkitin lagi talent elu lagi..

4. KLA Project – Yogyakarta 

Siapa sih yang gak suka ama lagu ini? Kalo sampe ada motherfucker yang gak tahu ini lagu sih keterlaluan banget kegoblokannya. I get the same feeling kaya dengerin Africanya Toto, Take me Homenya Phil Collins, ato Fields of Goldnya Sting dengerin Yogyakarta. Tapi lebih intimate aja. Dan terkadang bikin gue ngerasa di rumah, padahal gue bukan orang Yogya.

3. Java Jive – Kau yang terindah 

Lagu indo yang paling sering banget gue nyanyiin di karoke. Mungkin gara2 suara gue mirip Fatur. Or even better? Hmm. Ini nih lagu yang gak pernah ngebosenin buat dinyanyiin padahal ada bunyi suara burung gagak di awal2 lagu. Kombinasi fatur ama si danny harmonis bener disini. Danny seperti biasa sih, stealing the show lewat suara tingginya yang jadi high pointnya this song di bagian bridge. Classic!

2. GIGI – Yang Telah Berlalu(Nirwana) 

Si Glenn bilang, GIGI itu the best band in this Country. Gue sih gak setuju ye. Menurut gue itu milik Kunokini. Tapi di list ini, Gigi itu band dengan posisi paling atas sih. Ah Nirwana, lagu yang penuh 1001 kenangan buat gue. Lagu yang selalu bikin gue ama cinta monyet gue di jaman SMP. Jaman2nya Bursa Musik Indonesia di Anteve ama MTV ASIA nihh. Nirwana gigi sih rasanya kaya typical musik2 asia yang santai dan mengalun riang sih, tapi gak tau kenapa, rasanya personal banget buat gue.

1. Chrisye – Andai Aku Bisa 

Bukan cuma jadi lagu Indo favorit gue sepanjang masa. Tapi kalo digabungin semua lagu dari semua negara, mau itu Jepang kek, arab kek, inggris kek, whatever it is, lagu ini at least ada di top 20. Gelap dan penuh harapan yang gak akan pernah kesampean. Indah tapi menyakitkan. Melodius tapi bikin terhenyek. Aransemen lagu yang non ortodok banget(Bebi Romeo ama Si Dhani yang nulis ni lagu), pas banget ama suara alusnya Chrisye SAMA. Gak pernah bosen denger lagu ini. Gak pernah berhenti nemuin something setiap kali denger lagu ini. Dan selalu ngerasa jadi orang paling beruntung di dunia ini karena gak pernah ngerasain jadi si subjek di lagu ini. Masterpiece!

4 thoughts on “Gue dan 30 Lagu Indonesia Favorit gue Sepanjang Masa

  1. Anjayy mantep rekomen lagu2nya.

    Btw udah pernah dengerin lagu2 dari band Sore kayak Somos Libres (their best song imo), Sssst, Mata Berdebu, atau Lihat? Ogut penasaran sama opini bro criesmary sama tuh band hhe.

    1. Sore? Udah. And just like majority of Indie band/musician di Indo, they’re good, but sayangnya gak punya IT factor like all those 90’s musician up above yang gw sebut. Well, bisa jadi faktor nostalgia ngegelendotin gue juga sih. but come on, listen to all those song above and compare it to today’s music, yep even the Indie Scene. LEVELnya kerasa beda kan… Gue dengerin juga kok beberapa band indie yang lumayan “pop”-ish in term of popularity, macem white shoes, sore, danila, and macem2 lagi, but sayangnya yah begitu, they don’t have the soul, guts, and IT factor, YET…

      1. IMHO mungkin gak yah musisi2 indie tuh terlalu jaim… jadinya bagus sih bagus… tapi ada yg kurang …apa gitu… kurang lepas kali ya… karena takut disebut norak gitu, jadinya kadang pretensius… Btw kok gak semuanya di-review sih? Disebutin doang mah gak aci…

Leave a comment